Jumat, 07 November 2014

Teknik Dasar Renang Gaya Dada









 
Gaya dada (break stroke) sering disebut pula dengan gaya katak karena gerakan dalam gaya dada ini mirip dengan katak. Gaya dada merupakan gaya yang paling cepat dan mudah untuk dipelajari. Kebanyakan orang yang pertama kali belajar berenang menggunakan gaya dada. Renang gaya dada dapat menempuh jarak jauh. Kelemahan dari renang gaya dada adalah gaya renang yang paling lambat jika dilihat dari segi kecepatannya. Agar dapat melakukan renang gaya dada dengan baik, kita harus menguasai teknik dasarnya. Apa dan bagaimana teknik dasar renang gaya dada? teknik dasar renang gaya dada sebagai berikut.
1. Gerakan Meluncur
Cara melakukan sebagai berikut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMCXk0Q_HZqQAYz8ZSvxGZIVHOJBDCa-zRuAQncHUR5Xe8FOj9QdugdvZ2r6fvTGWkXAht2QHK2zWhjaG0shFpy9Zy-IAlko4en-8sPB_8lzm3BAK79BmEWGVhNP8dga0MvASHww1xwDsU/s1600/r6.png
Meluncur dengan awalan diatas kolam

  1. Sikap permulaan, berdiri kangkang selebar bahu di atas kolam dengan kedua tangan lurus di samping badan.
  2. Gerakan akan meluncur dengan tolakan kedua kaki dengan kedua tangan diayun ke depan hingga kedua tangan lurus ke atas menempel telinga.
  3. Kedua tangan dan kepala lebih dahulu masuk ke dalam kolam.
  4. Selama meluncur di dalam air, posisi tubuh horizontal.

2. Gerakan Kaki
Cara melakukannya sebagai berikut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitEQAMgDSBwnknyk921G3rF2BmkjZl0ChYIxCzQd1e8Adk2b4vYHPcKHW26bf1yHq-lFpoRTRX8AUMpzNpkOAPY29hkMJlftZziqRdKfLFNSJytBZ-Q7rVSLpRxKO1f89qLB_RBQqLMhI_/s1600/r7.png
( Sumber : Google )
  1. Sikap permulaan, kedua tangan memegang ring di kolam kemudian tubuh lurus ke belakang rata-rata air dan pandangan mata ke arah dinding kolam.
  2. Gerakan dengan kedua lutut ditarik ke arah depan kemudian kedua kaki diletakkan hingga kedua kaki kembali ke posisi lurus.
  3. Gerakan ini dilakukan berulang kali supaya dapat melakukan gerakan kaki gaya dada dengan baik dan benar sehingga dapat memperoleh dorongan tubuh ke depan.

3. Gerakan Lengan
Cara melakukannya sebagai berikut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnR-WUJklEZ9ChjCntgokwD3wlDHVlhtii0-zqQnwbRh2nF7TaVxa6UJeJ6T7c5ip7nmXUSsE0GVoQM6ZsgGe8FHCF0l6ZU5nzvkfIC2yhhcHgcy2RsGLfygpKHoFUxNK218pT-bsD50C1/s1600/r8.png
Gerakan lengan renang gaya dada
  1. Sikap permulaan, berdiri di tepi kolam menghadap ke arah kolam, kemudian kedua kaki dikaitkan dinding kolam hingga posisi tubuh telungkup.
  2. Posisi kedua, tangan lurus ke depan dengan lengan menempel di telinga.
  3. Kedua tangan ditarik ke belakang dengan siku tangan ditekuk. Setelah sampai di samping tubuh kedua tangan diputar ke depan dada kemudian tangan kembali ke posisi lurus ke depan.
  4. Gerakan ini dilakukan berulang kali hingga menguasai teknik dasar renang gaya dada dengan baik dan benar.

4. Pernapasan Renang Gaya Dada
Pernapasan pada renang gaya dada dilakukan dengan cara mengangkat (memutar) kepala ke arah depan, pandangan melihat ke arah depan sehingga mulut keluar dari permukaan air. Naiknya kepala diusahakan sedikit mungkin, secukupnya untuk dapat bernapas, selain itu untuk menjaga tetap dalam posisi streamline. Demikian juga pada waktu rekaveri lengan, kepala diturunkan sedikit sehingga hanya sebagian kecil dari rambut yang masih di atas permukaan air. Pengambilan napas dilakukan pada waktu kepala naik ke atas permukaan air, mulut dibuka lebar sehingga udara dapat masuk secara langsung. Pengeluaran udara dilakukan pada saat kepala akan keluar dari permukaan air, hembusan udara dilakukan melalui mulut secara cepat (eksplosif).
5. Koordinasi Teknik Dasar Renang Gaya Dada
Cara melakukannya sebagai berikut.
  1. Sikap permulaan, perenang melakukan meluncur dari atas kolam.
  2. Gerakan kaki ditarik ke depan, kemudian kedua kaki dilecutkan hingga posisi kaki lurus.
  3. Disusul gerakan lengan dengan gerakan mendayung. Pada saat tangan mendayung kepala diangkat hingga mulut berada di atas permukaan air untuk mengambil napas.
  4. Setelah lengan sampai di samping tubuh ke depan kemudian diluruskan ke depan seperti posisi semula.

    Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video dibawah ini baik teknik maupun gerakan yang benar.


 Daftar Pustaka :
 http://lolita19ll.blogspot.com/2013/01/tugas-blog-teknik-renang-gaya-dada.html
 http://materipenjasorkes.blogspot.com/2012/04/teknik-renang-gaya-dada.html
 http://akuanak-sekolah.blogspot.com/2013/11/renang-gaya-dada.html


 Ayo Jangan Mudah Menyerah !!!! ((((( Bravo Olahraga )))) !!!

1 komentar:

  1. Masih zaman main 1 game gonta ganti ID?
    Tinggalkan semua itu kawan mari join bersama kami di BOLAVITA
    Agent dengan 1 user ID untuk semua permainan

    Klik ====> REGISTER
    Untuk langgsung bergabung bersama kami

    Mari tunggu apalagi kawan join GRATIS

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus